Wednesday 12 June 2013

5 Manfaat Menarik Dari Melukis



           Kita pasti pernah melakukan aksi melukis/menggambar dalam hidup kita. Sewaktu kecil saat kita belum ngerti apa-apa pun kita corat-coret sana sini. Atau saat di Sekolah, bukan hanya pas pelajaran seni, tapi saat pelajaran lain berlangsung. Rasa bosan saat dengerin guru menjelaskan trigonometri biasanya disiasati dengan corat coret tak karuan di buku tulis belakang, (gua banget). Atau pas ulangan matematika, kita diberi selembaran kertas buram untuk menghitung. Eh malah dibuat nggambar. Hahahak. (Curhat ni ye...). Kalian tau gak sih apa manfaat dari melukis/menggambar itu? Kalau belum, nih Rn kasih info 5 manfaat menarik dari melukis. Selamat membaca.....

1. Meningkatkan kecerdasan otak kanan.
    Melukis bisa mengasah motorik halus, membantu kita fokus pada pekerjaan/pelajaran. Kok bisa     membantu fokus pada pekerjaan? Misalnya saat mendengarkan guru menerangkan teori sosial, kita akan lebih mudah konsentrasi dan memahami pelajaran dengan tangan corat-coret di buku daripada melongo ke arah guru.

2. Membuat pikiran tenang.
    Segala unek-unek dalam pikiran jenuh kita, bisa dituangkan dalam media lukis. Pengeluaran memori jenuh lewat coretan tangan bisa me refresh otak kita. Jadi, kita bisa merasa lebih tenang.

3. Meningkatkan kreatifitas
    Memang krestifitas tak hanya dapat terasah lewat melukis. Tapi, bagi sebagian orang, menjadi penuh inspirasi ketika melukis. Misalnya timbul keinginan melakukan sesuatu yang lebih bermakna dari corat-coret tak jelas. Coretan itu bisa dibuat komik atau gambaran sketsa.

4. Menghasilkan uang
    Ada pekerjaan yang berawal dari hobi. Makanya kalau kalian punya hobi melukis, dalami aja mungkin itu bisa jadi ladang penghasilan. Berwirausaha lah namanya, itung-itung mengurangi jumlah sarjana nganggur di daerah kalian.hehe

5. Meningkatkan kebahagiaan
    Kok bisa? gini nih, saat melukis kita akan menuangkan semua inspirasi otak kita. Kalau hasilnya bagus akan ada perasaan senang dan bahagia tersendiri. Tapi, kalau jelek? nilai bagus atau jelek merupakan penilaian diri sendiri. Kalau kita merasa lukisan kita bagus, meskipun semua orang berkata jelek tetap saja terlihat bagus di mata kita. Lagian tak ada lukisan jelek atau bagus. Yang ada pikiran lah yang menghipnotis anggapan bahwa itu jelek. Bingung? saya juga.


Nah, itu tadi 5 manfaat dari melukis khusus dari saya untuk anda. Semoga bermanfaat ya?

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang keren, komentar ya...